NEWS
DETAILS
Selasa, 09 Aug 2022 08:43 - Asosiasi Hayati Honda Community

Keterangan Poto : Dwi Oktawijaya Instruktur Safety Riding Astra Honda Motor memperagakan postur berkendara.

Dalam mengendarai sepeda motor setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda dan gaya berkendara yang berbeda pula, terlebih setiap pengendara mempunyai kenyaman masing-masing dalam berkendara. Namun perlu kita sadari postur berkendara merupakan hal yang juga tidak kalah penting bagi pengendara agar nantinya pengendara merasa nyaman, tidak cepat lelah terutama dalam melakukakn perjalanan jarak jauh. 
Seperti diketahui PT. Hayati Pratama Mandiri selaku Main Dealer Sepeda motor HONDA di sumatera barat selalu mengkampanyekan dan memberikan edukasi #CaRi_aMaN saat naik motor. Agar pengguna sepeda motor Honda selalu Safety saat berkendara.  Perlu disimak Ada 7  postur berkendara yang benar dan nyaman saat berkendara:

1. Kepala
Postur berkendara yang pertama adalah kepala, agar otot leher tidak terlalu tegang usahakan postur kepala tetap santai dan di arahkan kedepan. Terutama pandangan mata yang melihat lurus ke arah jalan. Pastikan Anda memperhatikan jalan dengan baik mengarah ke tujuan agar jarak pandang lebih luas sehingga Anda dapat melihat keadaan jalan dengan lebih baik.
2. Bahu
Bahu, usahakan bahu selalu dalam keadaan santai sehingga nantinya bahu tidak mudah lelah saat berkendara. 
3. Sikut
Sikut merupakan Shockbraker bagi tangan dan bahu saat mengendarai sepeda motor, dengan posisi sikut yang santai dan agak sedikit ditekuk akan membuat otot tidak mudah lelah dan nantinya akan membuat reflelks saat mengadalikan sepeda motor semakin baik. 
4. Tangan
Pastikan tangan Anda nyaman memegang stang atau handle bar dan dapat menjangkau semua kelengkapan penting seperti rem, klakson, starter, memakai lampu sein dan lainnya. Karena semua fitur tersebut hanya dapat digunakan dengan tangan Anda.
5. Pinggul
Postur berkendara berikutnya fokus pada bagian pinggul. Usahakan untuk duduk di posisi yang paling nyaman atau pada batas yang ada pada jok sepeda motor antara pengendara dan penumpang dan pastikan jaraknya tidak terlalu dekat atau jauh dengan stang, agar nantinya anda bisa mengontrol atau mengendalikan kemudi sepeda motor dengan nyaman dan mudah. 
6. Lutut
Postur tubuh yang baik pada bagian lutut cukup berbeda bergantung pada motor yang dipakai. Untuk motor tipe sport maka lutut sebaiknya mengapit pada tangki bahan bakar. Sedangkan untuk motor bebek dan matic lutut agak diarahkan kedalam karena agar tetap bisa menjaga keseimbangan saat mengontrol sepeda motor, dan tidak di anjurkan untuk membuka lutut keluar karena akan membahayakan diri anda dan pengendara sepeda motor lainya. 
7. Kaki
Postur berkendara yang terakhir fokus pada bagian kaki. Pastikan kaki Anda dapat menyentuh lantai atau aspal ketika berhenti. Selain itu usahakan kaki selalu nyaman ketika menginjak pedal rem dan persneling.

Asri Wirawan selaku Marketing Communication & Dev. Dept. Head mengungkapkan, Postur berkendara merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan, diterapkan dan dibiasakan saat kita mengendarai sepeda motor. Fungsinya agar saat mengendarai sepeda motor tubuh tidak  mudah lelah apalagi saat dalam perjalanan jauh, terlepas dari itu postur yang baik juga akan mempengaruhi refleks dan kemudahan anda saat menggunakan sepeda motor. 

Harapan kami dari honda agar nantinya masyarakat Indonesia khusunya sumatera barat bisa #CaRi_aMaN dijalan demi mewujubkan Safety Indonesia. Imbuhnya. 

Itulah 7 postur berkendara yang benar dan baik yang perlu Anda ketahui. Karena dengan mengetahui hal ini dan menerapkannya dengan baik maka Anda telah berperan dalam menjaga keamanan dan keselamatan diri sendiri dan orang lain ketika di jalan raya.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK