NEWS
DETAILS
Senin, 07 Nov 2022 14:16 - Asosiasi Hayati Honda Community

sepeda motor merupakan alat transportasi andalan bagi masayarakat Indonesia khususnya sumatera barat dalam melakukan aktivitas sehari-hari,  namun Sebagian besar belum mengetahui Teknik berkendara yang benar sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain saat berkendara. Disisi lain kondisi jalan raya di Indonesia beragam, khusunya sumatera barat yang berada didaerah pebukitan dan wilayah pesisir pantai. Sehingganya beragam kontur jalan raya banyak ditemui disumatera barat, mulai dari jalan yang dibuat khusus dengan semen, jalan yang dilapisi aspal seperti jalan pada umumnya dan juga ada jalan yang masih belum dilapisi aspal hanya terdiri dari batu dan juga kerikil. 


Oleh karena itu PT. Hayati Pratama Mandiri selaku Main Dealer sepeda motor Honda disumatera barat yang juga terus mengkampanyekan keselamatan berkendara terutama diwilayah sumatera barat akan membagikan tips Ketika melewati kontur jalan yang berbatu dan berkerikil. Asri Wirawan selaku Marketing Communication & Development PT. Hayati Pratama Mandiri mengungkapkan “Jika saat berkendara melewati jalan yang berbatu dan kerikil hendaknya para pengendara sepeda motor pandanganya harus fokus pada jalan juga hendaknya kendaraan dalam kecepatan rendah  sehingga motor mudah dikendalikan sekaligus jikalau terpaksa iuntuk melakukan pengereman kami sarankan gunakan rem belakang”. 


Hal pertama kali yang harus dilakukan saat melewati jalan berbatu dan berkerikil adalah fokus yang tetap terjaga, dimana Ketika jalan dengan kontur batu dan kerikil yang tentunya tidak rata sehingga pengendara harus menjaga pandangan ke tujuan sehingga bisa mengindentifikasi potensi-potensi bahaya yang ada, selanjutnya saat melewati jalan berbatu dan berkerikil hendaknya pengendara melaju dengan kecepatan rendah agar pengendara mudah mengendalikan kendaraanya. Kemudian saat melewati jalan dengan kondisi diatas pengendara harus menjaga pengereman dimana tidak disarankan melakukan hard braking atau pengereman mendadak karena akan berpotensi membuat ban kehilangan torsi terhadap permukaan jalan atau selip.  Dan jika ingin melakukan pengereman di kondisi jalan berabatu dan berkerikil disarankan mneggunakan rem belakang dan hindari menggunakan rem depan agar roda depan tidak selip dan tergelincir. 
Dengan Teknik berkendara yang tepat, meski di permukaan jalan yang seperti apapun pengendara akan aman dan tidak membahayakan dirinya maupun orang lain disekitarnya. Kemanapun tujuanya tetap #CaRi_aMaN. Imbuh Asri.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK