NEWS
DETAILS
Kamis, 03 Sep 2020 08:15 - Asosiasi Hayati Honda Community

Membicarakan soal kreasi modifikasi di Tanah Air memang seakan tidak ada habisnya. Sebab, para modifikator selalu memiliki ide-ide kreatif dan inovatif untuk mengubah tampilan motor kesayangannya menjadi lebih segar.

Modifikasi motor matik menjadi salah satu segmen yang digandrungi. banyak pemiliknya terdorong untuk melakukan ubahan agar motornya punya ciri khas. Menariknya pilihan konsep yang bisa diterapkan pun cukup beragam sehingga bisa disesuaikan dengan selera.

Selain mempertimbangkan tampilan ada banyak pertimbangan yang dilakukan saat memodifikasi. Salah satunya adalah fungsi kenyamanan dan keamanan. Motor yang dimodifikasi juga harus nyaman ketika akan digunakan sehari-hari. 

Selain itu, mempertahankan unsur keamanan jangan sampai modifikasi yang dilakukan membahayakan diri Anda dan pengguna jalan lainnya.

Nah, bagi Anda yang saat ini memiliki motor matik dan berencana untuk melakukan modifikasi berikut ini ada beberapa konsep modifikasi yang bisa menjadi referensi Anda dalam memodifikasi motor matik kesayangan Anda.

1. Modifikasi airbrush

Tren modifikasi warna memang tak akan lekang oleh waktu. Meski sudah mewabah sejak puluhan tahun lalu, tetapi modifikasi warna tetap menjadi salah satu pilihan salah satunya dengan cara airbrush.

Airbrush merupakan teknik seni rupa yang menggunakan tekanan udara untuk menyemprotkan cat atau pewarna pada bidang kerja. Sehingga bodi motor Anda dijadikan kanvas untuk diberikan warna, garis, atau gambar tertentu. Misalnya, gambar karakter kartun ataupun karakter lainnya sesuai permintaan Anda.

Maka Dari itu, modifikasi juga sering disebut seni karena memang modifikasi memerlukan kreativitas dan jiwa seni yang tinggi. Melansir dari Motorplus-Online.com, biaya modifikasi dengan teknik airbrush biasanya berkisar antara Rp 1 jutaan hingga 2 jutaan. Bahkan untuk modifikator terkenal bisa mencapai Rp 5 jutaan.

 

2. Modifikasi baby look

Salah satu aliran modifikasi yang saat ini banyak digandrungi oleh anak muda adalah model baby look. modifikasi ini membuat sepeda motor menjadi terlihat lebih bantat dengan fokus mengubah ukuran ban, striping, dan knalpot. Modifikasi jenis ini ban digunakan dengan tapak lebar namun tingginya jauh lebih pendek.

Selain itu, biasanya babylook menggunakan knalpot Tsukigi yang memiliki desain mirip knalpot original, namun sejatinya merupakan knalpot aftermarket. Selebihnya, aksesoris yang digunakan kembali ke selera Anda.

 

3. Modifikasi racing look

Modifikasi ini membuat tampilan motor terlihat begitu sporty dan elegan. Selain itu, modifikasi racing look lebih mengedepankan fungsi untuk pemakaian sehari-hari. Biasanya, pemilik menggunakan part bertema racing, mulai dari ban, shockbreaker, pelek, hingga knalpot untuk motor matik kesayangannya.

Mulai dari menggunakan ban dengan karakter soft compound, selanjutnya untuk shockbreaker sebagian orang memilih menggunakan shock aftermarket yang bisa diatur kekerasan rebound. Demi meningkatkan performa biasanya modifikator menggunakan knalpot racing.

 

4. Modifikasi decal

Modifikasi yang satu ini cukup mudah untuk diterapkan, pada dasarnya modifikasi decal merupakan mengubah corak striping bawaan motor dengan desain grafis seperti stiker. Temanya pun cukup beragam sesuai selera, bisa dari anime, tulisan, dan sebagainya.

Adapun proses pengerjaanya tergantung dari tingkat kesulitan desain yang diinginkan. Nah, untuk pemasangan sendiri bisa dilakukan dengan cukup singkat tergantung seberapa profesional orang mengerjakannya. Biasanya bisa dilakukan dalam kurun waktu 1 hingga 2 jam saja.

Modifikasi jenis ini pun tergolong sangat terjangkau karena dimulai dari Rp 175 ribu sampai 1 jutaan tergantung desain, bahan, dan besar body motor kamu ingin modifikasi.

Bahkan, bisa jauh lebih murah lagi jika kamu sudah membawa desain sendiri dari rumah. Sehingga saat datang ke tempat decal kamu tinggal menunggu printing dan pemasangan.

 

Sumber: Motorplus

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK