NEWS
DETAILS
Kamis, 24 Dec 2020 14:42 - Asosiasi Hayati Honda Community

Fitur Idling Stop System (ISS) adalah fitur yang terdapat di motor-motor matic keluaran pabrikan Honda.

Fitur ini tujuannya untuk menghemat bahan bakar dengan mematikan motor sejenak saat motor dalam kondisi diam seperti di lampu merah.

Nantinya, pengendara tinggal memutar gas untuk menyalakan motor tanpa perlu menyalakan starter.

Tapi, buat yang pakai motor Honda dan terdapat fitur ISS wajib tahu penyebab sepele jika fitur ISS kalian mendadak tidak fungsi.

Seperti diungkapkan oleh Endro Sutrano selaku Technical Service Division PT. Astra Honda Motor (AHM) salah satu faktor ISS tidak berfungsi diakibatkan oleh aki yang lemah.

"Aki tekor atau sudah lemah bisa bikin ISS tidak fungsi," buka Endro.

"Kalau motor tidak bisa dinyalakan pakai starter elektrik tapi pakai kick starter bisa hidup ISS biasanya tidak akan bekerja," lanjutnya.

Perlu diketahui untuk mengaktifkan sistem ISS maka tegangan aki memang harus dalam kondisi baik.

"Soalnya ada banyak sensor untuk mengaktifkan sistem ISS ini, seperti Engine Control Module (ECM), Throttle Position (TP) Sensor, VS Sensor atau pendeteksi perubahan kecepatan, ditambah Engine Coolant Temperatur (ECT)," terangnya.

Wah lumayan rumit ya untuk mengaktifkan ISS saja.

"Kalau misalnya ISS tidak aktif meskipun saklarnya ditekan coba charge aki atau ganti baru," tambahnya lagi.

"Misal tidak ada perubahan disarankan untuk ke bengkel terdekat untuk pengecekan lebih lanjut," tutupnya.

Pada kesempatan berbeda, menurut Rizky Hidayat yang buka bengkel rumahan di daerah Sunter, Jakarta Utara ada beberapa penyebab lain yang bikin fitur ISS ini tidak aktif.

"Memang aki tekor bisa bikin ISS jadi tidak fungsi, tapi dari pengalaman ada beberapa faktor lain," ucap Rizky dilansir dari Gridoto.

"Salah satunya akibat spidometer mati, bisa karena masalah di speed sensor ini bikin ISS jadi tidak aktif," lanjutnya.

"Tapi yang paling umum adalah akibat saklar yang rusak, soalnya banyak pengguna motor Honda yang jarang pakai fitur ISS ini," lanjutnya.

"Ketika coba ditekan ternyata saklarnya rusak, jadi tidak bisa mengaktifkan fitur ISS," lanjut pria yang aslinya bekerja sebagai konsultan IT ini.

Yang terakhir adalah faktor dari masalah di kabel kelistrikan.

"Bisa karena putus atau korsleting, kalau yang ini kita harus urut kabel terlebih dahulu soalnya ada cukup banyak sensor yang berkaitan dengan sistem ISS ini," tutupnya.

 

Sumber : Motorplus-online

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK