NEWS
DETAILS
Kamis, 20 Feb 2020 13:56 - Asosiasi Hayati Honda Community

Bismillah...
Selamat siang gaeess, selamat makan siang bagi kalian yang hari ini tengah beristirahat sambil baca artikel terbaru mimin. Nah, siang ini mimin pengen rilis artikel tentang Mario Iroth sang petualang dunia asal Indonesia yang telah memulai aktivitas yang juga menjadi hobinya yakni bertualang keliling dunia dengan motor. Mario Iroth memang seorang petualang yang telah malang melintang berkelana dengan berbagai tipe motor baik di Indonesia maupun mancanegara. Dan bulan ini, resmi perjalanannya dimulai menjelajahi benua Amerika dan dimulai dari negara Chile, dan Honda Africa Twin (CRF1000L) menjadi teman di perjalanan kali ini.

Momen mimin waktu berjumpa dengan Mario Iroth waktu meet up di Bandung akhir tahun lalu

Benua Amerika bagian selatan memang terbentang panjang mulai dari Chile hingga ke Kolombia. Dan jika seluruh negara di benua Amerika dihitung, maka perjalanan Wheel Story 6 tahun ini akan finish di Alaska, yang merupakan salah satu negara bagian dari Amerika Serikat yang terletak di ujung utara benua Amerika. Wow, perjalanan panjang yang pastinya bukan sembarang perjalanan yang dapat ditempuh oleh semua orang.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan perjalanan Mario Iroth kali ini, Berikut kutipan dari perjalanan Mario Iroth di benua Amerika, seperti yang dirilis dalam wheelstoryadv.com

Day 1-6, Km : 160, Valparaiso - Santiago, Chili

Setelah perjalanan panjang duduk di pesawat terbang dari Jakarta ke Santiago Chili sekitar 27 jam dalam pesawat dan melakukan transit sebanyak 3 kali akhirnya kami tiba di Ibu kota Chili yaitu Santiago. Walau masih jetlag karena perbedaan waktu 10 jam antara Jakarta dan Santiago belum lagi udara dingin berkisar sekitar 15 derajat celsius menyapa kami yang masih pakai t-shirt karena sekarang memang musim panas di belahan bumi bagian selatan namun angin dingin ini datang dari  selatan yang sudah berbatasan dengan ujung selatan benua Amerika ini.

Namun kegembiraan datang ketika tahu bahwa Honda Africa Twin sudah bisa diambil dari warehouse yang menyimpan motor saya setelah turun dari kapal kontainer beberapa hari sebelumnya. Pihak agen sudah menanti kedatangan saya untuk menyelesaikan administrasi. Ternyata lokasi warehouse berada di kota Valparaiso sekitar 120 Km sebelah barat dari Santiago. Pada hari ke 3 saya langsung bergegas ke Valparaiso dengan menumpangi bus antar kota yang nyaman. saking bersemangatnya mau riding di Chili sampai saya lupa mengecek kalau hari Sabtu kantor warehouse akan tutup jam 12 siang sedangkan saya tiba jam 11 siang disana. alhasil saya belum bisa berjumpa dengan si CRF1000L kantor sebentar lagi akan tutup dan staff bea cukai pun sudah siap berkemas mau pulang untuk menikmati weekend, jadinya hari itu saya balik hotel dengan tangan kosong padahal helm dan jaket riding sudah ditenteng kesana kemari. Ok gak apa-apa hari Senin akan kita urus semua dari pagi.

Biar makin dekat dengan warehouse, pada hari Minggu saya pun pindah penginapan ke kota Valparaiso, di kota Valparaiso sendiri saya jalan jalan menikmati graffiti dan melihat kota dari atas Ascencor yang sudah dibangun dari tahun 1800an.

ketika Senin tiba saya langsung mengurus 'temporary permit' buat motor di kantor bea cukai yang kebetulan bersebelahan dengan hotel saya nginap namun selanjutnya diarahkan ke bea cukai di area warehouse. Dan setelah itu motor akan di inspeksi oleh staff bea cukai lalu terakhir menyelesaikan administrasi sewa gudang. setelah semua beres dan kayu crating pun sudah ditempatkan di area luar gudang siap untuk dibongkar. wahh kelabakan nih karena tidak ada tool buat melepas kayu yang tebal ini. Untunglah ada salah satu teman di Chili yang sudah siap membantu membongkar crating ini. Butuh waktu 2 jam untuk bongkar dan assembly Honda Africa Twin ini. Dan sebelum sunset kami pun langsung cari pom bensin terdekat lalu gas ke Vina Del Mar salah satu kota wisata dekat pantai di Chili buat makan malam bareng sambil merayakan kegembiraan karena motor bersama ijin perjalanan sudah siap.

Besoknya kami riding kembali menuju Santiago untuk mampir ke toko aksesories motor untuk melengkapi beberapa kebutuhan saat riding di Amerika. Dan kamipun mampir di rumah kawan sambil berdiskusi untuk rute terbaik bermotor ke arah Ushuaia daerah paling selatan di benua Amerika selatan yang bisa dicapai dengan kendaraan dan kami istirahat biar tenaga dan semangat untuk siap berakselerasi menuju Patagonia.